PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA STAF MARKETING STMIK TIME

  • Devi Wu STMB MULTISMART
Keywords: pengaruh, kompensasi, preatasi kerja, marketing

Abstract

Kompensasi merupakan sumber kehidupan yang penting bagi setiap pegawai. Oleh karena itu dalam suatu sistem pengupahan perlu memperhatikan prinsip keadilan. Keadilan ini sangat diperhatikan dan merupakan hal yang sangat sensitif bagi pegawai. Untuk itu perlu diteliti seberapa besar pengaruh antara kompensasi yang diterima oleh pegawai dengan prestasi kerja yang mereka hasilkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara lansung dari obyek penelitian yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner yang terstruktur dan wawancara langsung dengan responden yang dalam penelitian ini adalah marketing STMIK TIME. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh tidak secara langsung dari obyek penelitian. Dimana data sekunder ini bisa diperoleh dengan melalui peneliti lain, buku-buku atau dokumen-dokumen dari obyek penelitian. Dalam pengujian variabel kompensasi terhadap prestasi kerja, diperoleh nilai t hitung < t table untuk taraf signifikan 5 % ( 0,026 < 1,771). Berdasarkan penilaiaan tersebut, maka hipotesis nol (ho) diterima sedangkan hipotesis alternatif (ha) ditolak. Dari hasil pengujian pengaruh variabel kompensasi terhadap variabel prestasi kerja menggunakan koefisien regresi didapatkan nilai r hitung < r table baik untuk taraf signifikan 5 % dan 1 % (0,0079 < 0,553 < 0,684). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh sangat rendah atau dapat dikatakan tidak signifikan terhadap variabel kompensasi prestasi kerja. Jika dilihat dari kesimpulan tersebut maka STMIK TIME akan bisa meningkatkan prestasi kerja marketing dengan terus mengadakan perubahan dan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan pada variabel bebas system bonus. Mengingat variabel ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi marketing.

Published
2019-01-24