ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KOMITMEN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PANCA BUANA PLASINDO MEDAN

  • Irwadi Irwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan transformasional, komitmen kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. PancaBuanaPlasindo Medan. Penelitian ini dilakukan di PT. PancaBuanaPlasindoMedan yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak Juni 2019 sampai dengan Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling. Responden yang kasar adalah seluruh karyawan mesin selang PT. PancaBuanaPlasindo Medan yang berjumlah 65 (enam puluh lima) orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data tentang variabel kepemimpinan transformasional, variabel komitmen kerja, variabel kompensasi dan variabel kinerja karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji multikolinieritas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi linier berganda, uji hipotesis parsial atau uji t, uji hipotesis simultan atau uji F, dan perhitungan koefisien korelasi. penentuan. Hasil analisis deskriptif untuk variabel kepemimpinan transformasional, variabel komitmen kerja, variabel kompensasi dalam kategori baik dan variabel kinerja karyawan dalam kategori cukup pada PT. PancaBuanaPlasindo Medan.
Secara analisis parsial, kepemimpinan transformasional, komitmen dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Panca Buana Plasindo Medan; Secara simultan kepemimpinan transformasional, komitmen kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Panca Buana Plasindo Medan. Kontribusi variabel kepemimpinan transformasional, variabel komitmen kerja, variabel kompensasi untuk meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Panca Buana Plasindo Medan adalah sebesar 0,732 atau 73,2%, sedangkan sisanya 0,268 atau 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini, seperti komunikasi, lingkungan kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja dan lainnya dll.

Published
2020-06-01