PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE DI TOKO MEDAN TOP GALERI

  • August Halomoan Siregar STMB MULTI SMART

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengaruh harga, brand image dan personal branding terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Medan Top Galeri yakni salah satu usaha start-up di kota Medan yang melakukan pemasaran produknya secara daring melalui media sosial.  Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling melalui kuesioner kepada 50 responden.  Pengolahan data menggunakan SPSS versi 24 untuk analisis regresi linear berganda. 

Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan regressi linear Y = 2,434 - 0,042X1 + 0,105 X2 + 0,3221 X3dan hal ini menunjukkan Harga memberikan dampak negatif terhadap keputusan pembelian, sedangkan Brand Image dan Personal Branding memberikan dampak yang positif terhadap keputusan pembelian .

Secara parsial Harga memiliki sig 0,148 > α (0,05) serta t-Hitung -0,556 < t-Tabel 2,013 sehingga dikatakan Harga berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Brand Image memiliki sign 0,179 > α (0,05) serta t-Hitung 1,365<t-Tabel 2,013 sehingga dikatakan Brand Image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan membeli secara online.  Secara parsial Personal Branding memiliki sign 0,000 < (α) 0,05 serta t-Hitung 5,001>t-Tabel 2,013 sehingga dikatakan Personal Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli.  Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa secara simultan Harga, Brand Image, Personal Branding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli dimana sign 0,000 < (α) 0,05 dan F-Hitung 9,372 > F-Tabel 2,81.

Kata Kunci : Harga, Brand Image, Personal Branding, Keputusan Membeli

Published
2020-12-15