ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KOMPENSASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA YAYASAN PERGURUAN SEKOLAH WIYATA DHARMA MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi, kompensasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru pada yayasan perguruan sekolah Wiyata Dharma Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Subjek penelitian dilakukan pada guru sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sekolah Wiyata Dharma dengan populasi 65 orang. Penelitian populasi menggunakan metode sensus. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel komunikasi, kompensasi, kecerdasan emosional dan kinerja guru.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis deskriptif dalam variabel komunikasi dan kecerdasan emosional pada kategori baik, sedangkan variabel kompensasi dan kinerja ada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t dimana thitung> ttabel artinya komunikasi, kompensasi dan kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Yayasan Perguruan Sekolah Wiyata Dharma Medan. Berdasarkan hasil uji F atau secara simultan dimana Fhitung> Ftabel artinya komunikasi, kompensasi dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Yayasan Perguruan Sekolah Wiyata Dharma Medan. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa komunikasi, kompensasi dan kecerdasan emosional yang diteliti mampu menjelaskan 71,8% terhadap kinerja guru sedangkan 28,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kepemimpinan, kompetensi, motivasi dan lain sebagainya.