Pengaruh Advertising, Personal Selling, Promosi Dan Publisitas Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Handphone Merek Oppo Pada CV Anugrah Ponsel Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 21. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau konsumen yang membeli Handphone Merek OPPO pada CV Anugrah Ponsel Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini berdasarkan nilai sig. F-hitung =0,002 < alpha 0,05. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa variabel Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini diketahui dari nilai Sig. t-hitung X2 0,009 < Alpha 0,05. Variabel Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan. Hal ini diketahui dari nilai Sig. t-hitung X3 0,000 < Alpha 0,05. Dari hasil regresi diketahui bahwa nilai standardized coefficients beta yang terbesar adalah variabel promosi yaitu sebesar 0,442 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi penjualan memiliki pengaruh paling besar terhadap variabel keputusan konsumen Handphone merek OPPO pada CV. Anugrah Ponsel Medan (Y).