SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENGARUH PROMOSI PRODUK TERHADAP OMSET PENJUALAN DENGAN METODE ID3 DAN C4.5 PADA PT. KOTA MAS PERMAI

  • feriani astuti tarigan STMIK TIME
  • Silvia Sofyan STMB MULTI SMART
Keywords: sistem pendukung keputusan, pengaruh promosi, omset penjualan

Abstract

Kota Mas Permai merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi consumer goods terutama untuk produk-produk makanan ringan seperti cokelat, wafer, biskuit, dan lain sebagainya. Saat ini, perusahaan telah menerapkan sistem promosi untuk meningkatkan omset penjualan produknya. Namun, pihak manajemen perusahaan tidak dapat mengetahui pengaruh sistem promosi dari setiap produk terhadap omset penjualan produk tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dapat diterapkan metode sistem pendukung keputusan. Dalam literatur, dapat ditemukan berbagai jenis metode SPK yang dapat diterapkan dalam mendukung proses pengambilan keputusan, beberapa diantaranya adalah metode Iterative Dichotomizer 3 (ID3) dan algoritma klasifikasi C4.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penentuan pengaruh promosi terhadap omset penjualan. Tools yang digunakan untuk melakukan analisis dan desain adalah data flow diagram. Sedangkan, bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang sistem adalah bahasa VB.NET dan database menggunakan aplikasi SQL Server sebagai database engine. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk menentukan pengaruh promosi terhadap omset penjualan dari setiap jenis barang yang dijual oleh perusahaan.

Published
2019-12-28