PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN TOP ADVERTISING

  • Surianti Kie
  • Leony Hoki STMB MULTI SMART
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemipinan, lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan TOP Advertising. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia, yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah penjelasan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi adalah seluruh karyawan TOP Advertising Medan yang berjumlah 80 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 55 orang.

Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan kerja, hal ini ditunjukkan oleh tingkat signifikansi F < α (0,000 < 0,05) dan R-Square sebesar 0,663, artinya kontribusi pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja adalah 66,3%. Secara parsial, gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja sebesar 0,311 dan lingkungan kerja berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan kerja sebesar 0,000.

Published
2019-12-28