ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PT. BERKAT SUKSES SEJATI MEDAN

  • Surianti Kie
  • Edi Wijaya
Keywords: budaya organisasi, kompetensi, kinerja

Abstract

Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan berperan dalam memberikan informasi yang berkualitas dalam rangka mendukung kebijakan Kantor Pusat dan pengembangan ekonomi di wilayah. Beberapa permasalahan yang terjadi pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan berkaitan dengan pengimplementasian budaya organisasi yaitu performance based culture, yang masih belum dapat diterima oleh beberapa satuan kerja. Adanya ketidaksesuaian antara kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki pegawai dengan jabatan yang sedang diduduki juga menyebabkan terjadinya penurunan kinerja pegawai. Kompetensi sumber daya manusia yang tidak sesuai dengan jabatan menjadikan perlunya pelaksanaan pelatihan bagi pegawai untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap jabatan, juga keharusan dalam membuat perencanaan karir baik bagi organisasi maupun bagi pegawai. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1). Sejauh mana pengaruh budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan, 2). Sejauhmana pengaruh perencanaan karir dan pelatihan terhadap kompetensi sumber daya manusia pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia, yang berkaitan dengan Budaya Organisasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kinerja, Perencanaan Karir dan Pelatihan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah penjelasan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi adalah seluruh pegawai Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan yang berjumlah 115 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan taraf kepercayaan sebesar 90% dan jumlah sampel sebanyak 53 orang pegawai.

Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia secara serempak maupun parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja pegawai, dan budaya organisasi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai. Sedangkan hasil penelitian pada hipotesis kedua menunjukkan perencanaan karir dan pelatihan secara serempak dan parsial mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia, dan perencanaan karir merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kompetensi sumber daya manusia.

Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Secara serempak dan parsial budaya organisasi dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja pegawai, serta 2). Secara serempak dan parsial perencanaan karir dan pelatihan berpengaruh sangat signifikan terhadap kompetensi sumber daya manusia pada Kantor PT. Berkat Sukses Sejati Medan.

Published
2019-08-07