ANALISIS PENGARUH IKLIM STUDI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN STMB MULTISMART

  • joni joni STMIK TIME
  • Erwin Erwin STIE MIKROSKILL
Keywords: iklim prestasi

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur yang menunjukkan kompetensi akademik mahasiswa. Untuk menghasilkan prestasi belajar dalam proses studi mahasiswa, banyak faktor yang dapat dikembangkan. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi tercapainya prestasi belajar adalah iklim studi yang terdapat pada institusi pendidikan. Dalam penelitian ini diharapkan adanya iklim kampus yang semakin baik dapat memengaruhi peningkatan prestasi belajar mahasiswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklim kampus berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 orang mahasiswa jurusan manajemen STMB MultiSmart. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner daring. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh model regresi Y = 2,938 + 0,007X, di mana iklim studi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,019.

Published
2019-08-07