PENGARUH RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI POTENSI KEBANGKRUKATAN PADA PERUSAHAAN CUSTOMER GOODS YANG TERDAFATR DI BURSA EFEK

  • Lamria Sagala Universitas Methodist Indonesia
Keywords: Financial Distress, Current Ratio, Debt To Assets Ratio, Return On Assets, Earning Per Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt To Assets Ratio, Return On Assets, dan Earning Per Share secara parsial maupun simultan terhadap prediksi kondisi financial distress pada perusahaan customer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan customer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Dari 36 perusahaan yang terdaftar, dipilih 32 perusahaan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dari www.idx.co.id dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan analisis regresi logistik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Current Ratio, Debt To Assets Ratio, Return On Assets, dan Earning Per Share  memiliki pengaruh terhadap prediksi financial distress. Sedangkan secara parsial hanya Debt To Assets Ratio yang memiliki pengaruh signifikan terhadap prediksi financial distress sedangkan ketiga variabel independen lainnya tidak memiliki pengaruh terhadap prediksi financial distress.

Published
2019-01-24