PENGARUH SUPERVISI DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN GURU SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU PADA SMA SWASTA HANG KESTURI MEDAN

  • joni joni STMIK TIME
Keywords: supervisi, kompensasi, komitmen guru, kinerja guru

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor penting yang dapat mendorong tercapainya penyelenggaraan sistem pendidikan di sekolah secara optimal. Komitmen guru dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik diyakini memiliki korelasi dengan kinerja guru. Semakin tingginya komitmen yang dimiliki guru diharapkan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik juga. Melalui supervisi dan kompensasi, diharapkan pembentukan komitmen guru yang lebih baik dapat tercapai.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi dan kompensasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen serta untuk mengetahui apakah komitmen guru berhubungan dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 orang guru pada SMA Swasta Hang Kesturi Medan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis, supervisi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen, sedangkan kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap komitmen, namun secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap komitmen. Hubungan antara komitmen guru dan kinerja guru menunjukkan korelasi positif.

Published
2019-01-24